Selasa, 05 Februari 2019

Skill Dasar yang Harus Dimiliki Mahasiswa Teknik Informatika

Beberapa tahun terakhir jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan terfavorit banyak orang. Atas dasar cerahnya jaminan karier di masa depan, Teknik Informatika berhasil membuat banyak orang berlomba-lomba mempelajari ilmu tentang komputer dan bahasa pemograman ini.

Langsung saja disini saya akan menjelaskan tentang skill dasar yang harus dimiliki mahasiswa teknik informatika :

1.Logika (logic)

Dalam jurusan ini logika sangat penting karena dalam merencanakan sebuah program yang sistematis memerlukan kemampuan dalam pengusaan logika atau pola pikir yang sistematis, Dengan berbekal kemampuan ini dijamin kalian akan mudah mengerti dan mengikuti pelajaran yang ada. 
2.Kreatif
dalam jurusan Teknik informatika bukan hanya tentang koding dan bahasa pemrograman lho,kreatif juga diperlukan untuk bisa merancang sebuah program yang membutuhkan tampilan yang menarik biasanya ada dalam matakuliah visual programing. Kalau kamu beruntung dengan memiliki kemampuan logika dan kreativitas yang bagus, maka kamu akan sangat terbantu selama proses kuliah berlangsung.
3.Teliti
Setelah kita mempunyai skill logika dan merancang tampilan untuk menjadi semenarik mungkin, kita juga dituntut untuk teliti dalam mengerjakan sebuah project, sebab kamu akan dihadapkan dengan rentetan kode dalam berbagai bahasa pemrogramman.jika kita jeli / teliti dalam megerjakan soure code dalam bahasa pemrogramaan insyaallah semuanya akan berjalan dengan lancar dan program dapat dijalankan tanpa adanya error / debbug.
4.Tekun
Nah, hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Setelah kamu menulis dengan cermat dan hati-hati pasti sesekali kamu tidak sengaja melakukan kesalahan.
Dari sekian banyak kode yang ada kamu harus mau berjuang untuk mencari dimana letak kesalahan dari program tersebut. Sebaiknya kamu latihan bersabar dan tidak mudah menyerah ya kalau mengambil jurusan ini di dunia perkuliahan.
5.Kerjasama Tim
Hal terakhir yang akan sangat membantu proses belajar kalian saat berada di jurusan ini adalah kemampuan dalam bersosialisasi dan menjalin kerja sama. Sebab biasanya suatu project akan dibagi kepada beberapa orang dalam satu tim. Nah untuk bisa menyelesaikan itu semua kamu harus bisa mengetahui bagaimana karakter anggota tim, agar nantinya bisa saling membantu dan mengisi kekurangan satu sama lain. 
BTW, sesuatu yang indah memang gak akan didapatkan secara instan dan mudah. Pasti ada suka duka dan pengorbanan untuk mendapatkannya.
Nah Setelah dijelaskan coba anda terapkan skill dasar ini karena hal ini penting jika anda memilik jurusan informatika.
Tetaplah semangat belajar yh :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar